Jumat, 26 Oktober 2007

Impian IT

Tren Kehidupan Digital Masa Depan
Apa yang kita kira hanya sebuah mimpi teknologi, sekarang ini hampir menjadi sebuah kenyataan. Era yang baru dan menggairahkan bermunculan dengan menyatunya berbagai kemajuan teknologi, mulai dari perangkat elektronik konsumen, komputer, komunikasi, serta multimedia yang menjanjikan transformasi kehidupan secara menyeluruh.
Selamat datang ke konvergensi digital! Konvergensi digital merupakan tahap evolusi dalam era teknologi komunikasi informasi dengan berbagai perangkat yang sudah ada sebelumnya disediakan sebagai produk terpisah, sekarang menjadi sebuah kesatuan yang tidak terpisahkan satu sama lainnya.
Ponsel berkamera adalah teknologi konvergensi yang paling jelas memengaruhi konsep konvergensi digital, mengombinasikan telepon seluler, data pribadi dalam bentuk Personal Data Assistant (PDA), kamera, serta browser internet menjadi sebuah kesatuan perangkat yang cerdas.
Konvergensi digital memang membawa sebuah paradigma baru, dirumuskan dalam slogan kapan saja, di mana saja, perangkat apa saja, serta isi data apa aja (any content). Dan paradigma baru ini menghadirkan sebuah perkembangan kebutuhan baru akan suatu hiburan di rumah (home-based entertainment) dengan koneksi pita lebar (broadband) serta perangkat yang lebih kecil dan portabel menggunakan konsumsi listrik sedikit serta biaya yang rendah.
Salah satu elemen yang ikut menentukan kemajuan home-based entertainment ini adalah teknologi tampilan (display) yang tidak pernah berhenti berevolusi. Dalam beberapa tahun terakhir ini kita melihat terobosan penting dalam teknologi proyeksi, termasuk juga teknologi monitor bagi komputer desktop.
Sejauh ini kita menganggap bahwa resolusi 1024 x 768 sudah mampu mewakili kebutuhan kita, baik untuk digunakan memainkan digital game di komputer maupun melihat film DVD. Namun, tetap saja ada yang merasa tidak puas dengan resolusi yang selama ini ditawarkan kepada konsumen.
Secara lahiriah, kita mempunya inklinasi untuk menyaksikan imej dalam ukuran besar. Orang-orang suka untuk memerhatikan gambar dan imej yang ada di sekitarnya. Para pemain setia PlayStation 2 atau Xbox buatan Microsoft selalu menginginkan untuk melihat sebuah sistem yang mendekati kenyataan (virtual reality).
Sedangkan para penggemar film-film layar lebar selalu bermimpi bisa menghadirkan sinema digital di rumah mereka. Bagi mereka, dan suatu saat juga buat kita, monitor tradisional yang selama ini digunakan akan menjadi tidak berharga lagi.
Sekarang ini tenaga komputasi serta tayangan layar lebar sudah tersedia dengan harga yang terjangkau, menjadikan impian ini sebagai sebuah kenyataan. Dan dunia visualisasi digital pun menjadi sebuah cakrawala baru dalam konvergensi teknologi komunikasi informasi.

Tidak ada komentar: